RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD 1.1

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kedungwuni
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 4 JP
Standar Kompetensi : Memahami struktur sel dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Indikator : a. Menjelaskan komponen kimia sel
b. menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya
c. Menggunakan mikroskop untuk pengamtan struktur sel
segar dan awetan sel hewan dan tumbuhan.
d. Menunjukkan dan menyebutkan bagian sel berdasarkan
gambar sel hewan dan sel tumbuhan melalui mikroskop

I. TUJUAN

Pertemuan 1 :
a. Siswa dapat menjelaskan komponen kimia sel.
b. Siswa dapat menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya.
Pertemuan 2 :
a. Siswa dapat menggunakan mikroskop untuk pengamatan struktur sel segar dan awetan sel hewan dan tumbuhan
b. Siswa dapat menunjukkan dan menyebutkan bagian sel berdasarkan gambar sel hewan dan sel tumbuhan melalui mikroskop

II. MATERI PEMBELAJARAN
1. Komponen Kimiawi Sel
Struktur kimia sel tersusun atas karbohidrat, lemak dan protein.
2. Struktur sel dan fungsinya.
Sel sebagai unit terkecil makhluk hidup secara struktural dan fungsional. Sel terdiri dari membran plasma, sitoplasma, nukleus dan organel-organel yang masing-masing mempunyai fungsi khusus.

3. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Kontekstual dengan metode pembelajaran diskusi dan kooperatif serta model pembelajaran PBI (Problem Based Interaction).

4. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
No. Kegiatan Alokasi Waktu Pendidikan Karakter
1. Pendahuluan
a. Berdoa.
b. Mengecek kehadiran siswa.
c. Menanyakan kabar siswa.
d. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari tentang pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.
e. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 15 menit
Takwa
Displin
Kepedulian
Apersepsi

2.
Kegiatan Inti
a. Orientasi siswa pada masalah (eksplorasi)
Guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran hari ini, serta memotivasi dengan mengajukan pertanyaan “Apa komponen terkecil penyusun tubuh makhluk hidup?”
Siswa memperhatikan penjelasan guru dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan, sehingga siswa terlibat dalam aktifitas pemecahan masalah.
b. Mengorganisasikan siswa untuk belajar
Guru serta membagikan LDS. Membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang sesuai dengan masalah.
Siswa memutus apa yang akan dikerjakan sesuai petunjuk LDS dan saling berbagi tugas.
c. Membimbing belajar siswa secara individual maupun kelompok.
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai masalah. Melakukan pengamatan untuk membantu siswa dalam aktifitas pemecahan masalah.
Siswa dalam kelompok berdiskusi menyelesaikan tugas yang ada dalam LDS.
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (elaborasi)
Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan laporan, menunjuk kelompok yang akan presentasi, membantu siswa yang presentasi, serta membantu membuat kesimpulan secara klasikal atas pembelajaran hari ini.
Siswa menyiapkan hasil pekerjaannya untuk presentasi dan memutuskan siapa yang akan mewakili kelompoknya untuk presentasi. Ketika salah seorang siswa dari satu kelompok presentasi, siswa dari kelompok yang lain memperhatikan dan memberi tanggapan.
e. Guru memberi tanggapan tentang hasil kerja kelompok, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (konfirmasi)

60 menit
Kemandirian,
Tenggang rasa,
Kerjasama,
tanggung jawab

About these ads